Materi Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Paling Rinci


Sistem Kelistrikan Sepeda Motor – sistem kelistrikan merupakan sebuah rangkaian untuk melaksanakan sebuah fungsi yang membutuhkan aliran listrik. Tidak hanya mobil, ternyata sepeda motor juga memiliki sistem kelistrikan yang tak kalah kompleksnya.

Sistem kelistrikan pada sepeda motor terdiri dari beberapa macam antara lain
  • Sistem kelistrikan body
  • Sistem pengapian CDI
  • Sistem pengisian
  • Sistem starter
  • Sistem indikator


Apa saja penjelasan masing-masing bagian itu ? simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

1. Sistem kelistrikan body 

gambar komponen kelistrikan motor


Sistem kelistrikan body motor adalah segala fitur yang terdapat pada body motor yang memerlukan lampu. Kita pasti sudah tahu apa ini, tentu lampu menjadi salah satu sistem kelistrikan body motor.

Yang termasuk didalam sistem kelistrikan body sepeda motor antara lain ;
Lampu kepala termasuk lampu dekat dan jauh
  • Lampu sein
  • Lampu stop
  • Klakson
  • Lampu variasi


Komponen pada sistem kelistrikan body ini terdiri dari empat bagian utama yakni :
  • Power source (aki), baterai atau bahasa tenarnya aki merupakan sumber arus utama didalam kendaraan. Namun pada sepeda motor, aki tidaklah bertugas sebagai power source yang utama. Yang mengemban tugas utama sebagai penyedia arus listrik adalah spul, sementara aki bertugas sebagai source pada sistem starter dan pada sistem elektrikal lain saat mesin mati.
  • switch, saklar adalah alat input untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suatu sistem kelistrikan. Pada kelistrikan body, hampir semua sistem ada saklarnya sehingga sebuah sistem misal klakson bisa dinyalakan saat ada halangan didepan.
  • beban, beban merupakan komponen utama untuk mengubah energi listrik menjadi energi yang diinginkan. Misal pada lampu menjadi cahaya, dan pada klakson menjadi suara.
  • wiring, wiring menjadi komponen yang menghubungkan semua sistem kelistrikan body dari power source menuju saklar dan menuju beban tanpa tertukar dan tanpa terjadi kosleting.


Cara kerja sistem kelistrikan body, itu tergantung kita selaku pengemudi. Saat kita menekan saklar yang ada di stang motor otomatis sistem elektrikal body akan aktif, saat ini terjadilah aliran arus dari power source menuju beban. Beban langsung mengubah energi listrik menjadi energi yang diinginkan misal cahaya lampu.

2. Sistem pengapian CDI

jalur kelistrikan motor pdf

Sepeda motor rata-rata menggunakan sistem pengapian tipe CDI atau capacitor discharge ignition. Secara lengkap, sistem pengapian CDI sudah pernah kita bahas pada artikel berikut : Prinsip kerja pengapian CDI sepeda motor.

Untuk selengkapnya bisa anda baca pada link tersebut, namun disini akan kita review secara singkat mengenai pengapian CDI.

Pengapian CDI memanfaatkan komponen capacitor yang mampu menyimpan dan melepaskan sejumlah elektron secara spontan. Kemampuan ini digunakan untuk melakukan induksi elektromagnetik pada ignition coil.

Komentar